BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang
Sebuah
street brand local OUVAL RESEARCH adalah nama dari sebuah holding company
bernama CV. Sailan Industries,Ouval Research
sendiri merupakan akronim dari” Originality for Understanding Viction and
Artificial Language”. Yang memiliki filosofi semangat, spontanitas,
kebersamaan, dan semua hal tentang percaya diri sendiri, serta menikmati hidup,
disitu terlihat adanya sedikit “pemberontakan” gaya remaja dan anak muda
serta kata “Research” yang memiliki arti
selalu memberikan upaya baru untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda. Dibentuk pada 1 Juni 1997 yang berawal
dari pemikiran idealisme founder-nya ingin menghasilkan produk-produk yang
kreatif, fleksibel serta bisa mencerminkan gaya hidup kaum muda.
Pada
awalnya produk Ouval Research diilhami dari sebuah komunitas olah raga papan
luncur (skateboard) yaitu sebuah komunitas yang bukan hanya sekadar olah raga
tetapi juga menjadi suatu gaya hidup. Kemudian pemikiran idealisme ini
diturunkan dalam bentuk gaya berpakaian yang bisa digunakan oleh komunitas
lokal maupun internasional.
Ouval
Research selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang baru baik dalam produk
dan movement.Inovasi telah menjadi salah satu pilar yang fundamental sejak
awal.Ini terus berlanjut dengan menciptakan sesuatu yang berbeda dan unik,
dimana hal ini mewakili dari nilai dan komitmen perusahaan yang tercermin
melalui kata "research".
Oleh
karena itu, Ouval Research tidak akan pernah berhenti untuk selalu berpikir dan
bereksplorasi. Mencoba menerobos batas antara mimpi dan realita. Berusaha untuk
selalu merekonstruksi dan menemukan bentuk-bentuk baru demi pemenuhan kebutuhan
youth culture akan street style.
I.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar
belakang diatas, rumusan masalah yang diajukan sebagai berikut
a.
Cara apa yang dilakukan Ouval Research
untuk memasarkan produknya ?
b.
Bagaimana cara mempertahankan kualitas
agar konsumen memiliki kepuasan ?
I.3 Tujuan
Adapun tujuan penelitian ini
a.
Untuk mengetahui strategi pemasaran
Ouval Research
b.
Untuk mengetahui kualitas produk Ouval
Research
c.
Untuk mengetahui keunggulan dan
kelemahan produk Ouval Research
BAB
II
PEMBAHASAN
II.1 Landasan teori
Ouval
Research adalah sebuah produk distro yang menjangkau mulai dari kalangan remaja
hingga dewasa dengan harga yang relatif murah bagi kalangan menengah ke atas
dengan kualitas baik dan tidak kalah bagus dengan distro-distro lain, yang
memiliki harga tinggi.
Dalam sebuah pemasaran dalam bidang
usaha memiliki identifikasiSTP yaitu konsep pemasaran yang didasarkan pada
pengembangan perencana dan implementasi dari program marketing,proses marketing
dan aktifitas marketing. Adapun arti dari STP itu adalah sebagai berikut :
a. Segmentasi
Segmentasi adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen
pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya
kesamaan perilaku pembeli.
b. Targeting
Targeting
adalah proses pengevaluasian segmentasi dan
pemfokusan strategi pemasaran pada suatu negara,prpinsi,atau sekelompok orang
yang memliki potensi untuk memberikan respon.
c. Positioning
Positioning
adalah upaya identifikasi, pengembangan, dan
komunikasi keunggulan yang bersifat khas serta unik.
Dalam
pemasarannya juga memiliki
Strengths/kekuatan, Weaknesses/kelemahan, Opportunities/kesempatan,
Threats/ancaman ( SWOT ) yang dapat mempertahankan keunggulan produk Ouval
research di pasar yang luas. Arti dari SWOT itu adalah sebagai berikut :
a. Strengths/kekuatan
Strenghts (kekuatan) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan
dari organisasi atau program pada saat ini.Strenght ini bersifat
internal dari organisasi atau sebuah program.
b. Weaknesses/kelemahan
Weaknesses (Kelemahan) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak
berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi
tidak dimiliki oleh organisasi.Kelemahan itu terkadang lebih mudah dilihat
daripada sebuah kekuatan, namun ada beberapa hal yang menjadikan kelemahan itu
tidak diberikan solusi yang tepat dikarenakan tidak dimaksimalkan kekuatan yang
sudah ada.
c. Opportunities/kesempatan
Opportunity (kesempatan) adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan
memberikan kesempatan bagi organisasi atau program kita untuk memanfaatkannya.Opportunity
tidak hanya berupa kebijakan atau peluang dalam hal mendapatkan modal berupa
uang, akan tetapi bisa juga berupa respon masyarakat atau isu yang sedang
diangkat.
d.
Threat/ancaman
Threat (ancaman) adalah factor negative dari lingkungan yang
memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah organisasi dan
program.Ancaman ini adalah hal yang terkadang selalu terlewat dikarenakan
banyak yang ingin mencoba untuk kontroversi atau out of stream (melawan
arus) namun pada kenyataannya organisasi tersebut lebih banyak layu sebelum
berkembang.
Dalam memasarkan produk,
Ouval Research juga memiliki strategi pemasaran, strategi pemasaran ini
berfungsi untuk rencana yang menyeluruh, terpadu dan
menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan
dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran Ouval research.
strategi pemasaran juga merupakan serangkaian tujuan
dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha -usaha
pemasaran perusahaan dari waktu-kewaktu,pada masing-masing tingkatan dan acuan
serta lokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi
lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Oleh karena itu,
penentuan strategi pemasaran harus didasarkan atas analisis lingkungan
daninternal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan,
serta analisis kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari
lingkungannya. Disamping itu, strategi pemasaran yang telah ditetapkan dan
dijalankan harus dinilai kembali, apakah masih sesuai dengan keadaan atau
kondisi pada saat ini dan hasil penilaian atau evaluasi ini digunakan sebagai
dasar untuk menentukan apakah strategi yang sedang dijalankan perlu diubah,
sekaligus digunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan strategi
yang akan dijalankan pada masa yang akan datang.
II.2 ISI
II.2a Produk Ouval Reseach
Produk-produk
kaos dan sweater Ouval Research telah menyebar lebih dari 100 distro di seluruh
Indonesia. Produk-produk yang di keluarkan oleh OUVAL RESEACH adalah kaos,
sweater, celana, hoodie, kemeja, tas, topi, sepatu, sandal, papan skateboard,
MP3 player, otopet dan aksesoris seperti sabuk, dompet, agenda, gantungan kunci,
belt, dan lain-lain.
Ouval
Research memiliki konsep desain kaos dan
design sweater tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain
yang sejenis. Konsep desain ini dinamakan “contemporary design”, yaitu sebuah
konsep desain modern yang melihat unsur-unsur kehidupan, khususnya kehidupan
anak muda saat ini (today’s youth live) dalam sebuah perspektif baru. Desain
ouval terinspirasi dari dunia musik, olah raga, gaya hidup, budaya, kebijakan
politik pemerintah, kekerasan, lingkungan, kemiskinan, serta modernisme, yang
dapat dinikmati oleh para konsumen yang berada di Bandung.
II.2B SEGMENTASI TARGETING POSITIONING OUVAL RESEACH
SEGMENTASI KATEGORI
|
SEGMENTASI SUBKATEGORI
|
TARGETING
|
POSITIONING
|
DEMOGRAFI
|
segmentasi ouval research melakukan pemasaran didalam negeri
dan luar negeri (pasar global)
|
masyarakat lokal dan masyarakat internasional seperti
singapura, malaysia dan jerman.
|
'limited edition'
|
PSIKOGRAFI
|
gaya hidup,style dan komunitas
|
dapat digunakan pria dan wanita dikalangan anak-anak, remaja,
dan dewasa.
|
|
TINGKAH LAKU
|
koleksi kaosnya yang hadir dengan print unik dan erat sekali
dengan budaya street style yang dinamis, fun dan berjiwa muda.
|
produk ouval research mempunyai target untuk kalangan menengah
ke atas dan produk Ouval juga menawarkan pada komunitas terdekatnya yang
memiliki minat olahraga, selera musik, serta pakaian yang sama.
|
II.2C Strengths Weaknesses Opportunities
Threats Ouval Research
a. Strength :
a.1
Kekuatan Ouval Research
di Negara Indonesia adalah saat Negara Indonesia mengalami krisis ekonomi,harga
barang impor naik semua.Tetapi ouval reseach tetap bertahan meskipun pada saat
itu ouval research masih termasuk usahabaru.Ouval research berjuang meyakinkan
para pelanggan bahwa produk yang
ditawarkan takkalah berkualitas dari produk asing.
a.2Ouval reseacrh juga
memiliki konsep desain khusus,yang membuat ouval research berbeda dengan
perusahaan pakaian lain. Konsep desain khusus ini seperti,kekuatan label.
Kekuatan label ini terletak terletak pada kaos yang hadir dengan desain yang
unik original,segar,serta tidak elah ber inopasi agar produk menempati posisi
yang baik dibenak konsumen.
b.
Weaknesses :
b.1Kelemahan dari ouval
research adalah karena harga yang di tawarkan berkisar mulai dari Rp50.000 untuk harga satu celana pendek dan
untuk kaos nya sendiri berkisar dari Rp100.000. Ouval research hanya mampu dijangkau oleh
kalangan menengah ke atas, sehingga ouval research tidak dapat memenuhi
kebutuhan semua kalangan konsumen.
b.2Memiliki banyak pesaing
yang mengeluarkan produk dengan kualitas yang sama,tetapi dengan harga yang
relatif lebih murah.
c.
Oppourtunities
Style dan gaya adalah hal yang tak bisa dipisahkan untuk saat ini, terutama
bagi para remaja ataupun mahasiswa. Mereka sudah menganggap tren berpakaian
atau gaya adalah sesuatu yang bisa membuat mereka lebih Percaya Diri dan tidak
merasa minder. Hal ini sangat berimbas dengan adanya bisnis pakaian yang
berorientasi kepada gaya anak muda. Biasa kita kenal dengan produk distro.
Sekarang semakin banyak produk ataupun label yang bersaing dalam bidang distro
ini. Berbagai macam model dikeluarkan. Dan sampai dengan merekrut para public
figure sebagai Brand Ambassador mereka merupakan bukti bahwa hal ini sangatlah
potensial. Dengan rata-rata meraup untung hampir pasti lebih dari 20%, hal ini
sangatlah menguntungkan sebagai lahan bisnis.
d.
Threats
Beberapa distro menjual barang yang
hampir sama dengan pesaingnya akan tetapi setiap distro tersebut tetap memiliki
ciri khas dan variasi produk sendiri. Dengan bervariasinya produk yang di
tawarkan tersebut membuat konsumen lebih selektif dalam memilih suatu produk.
Kondisi demikian merupakan tantangan bagi perusahaan untuk berlomba
menciptakan berbagai produk dan jasa yang di nilai berguna. Di sisi lain ouval
research mampu menciptakan produk yang sesuai dengan selera dan daya beli
pelanggan dan di sisi lain dari hasil penjualan tersebut ouval research mampu
mendatangkan keuntungan yang bagi perusahaan diantara sekian banyak strategi
pemasaran perusahaan di hadapkan pada keputusan pemberian merek atau brand.
ll. 2D Srategi pemasaran
Yang
membuat ouval Resaerch begitu sukses adalah melakukan strategi ‘limited
edition’ konsumen diberikan pelayanan yang special dengan desain produk yang
terbatas tidak banyak ditemukan secara mudah. Ouval hanya mengeluarkan 30design
kaos atau sweater setiap bulannya dan tiap kaos dan sweaternya hanya di
produksi sebanyak 50 sampai 100 buah saja dan untuk memanjakan para
konsumen, Selain “limited edition” Ouval Research juga
memiliki konsep desain kaos dan design sweater tersendiri yang membedakannya
dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis, dengan mengganti konsep desain
produk setiap enam bulan sekali. Konsep desain ini dinamakan “contemporary
design”, yaitu sebuah konsep desain modern yang melihat unsur-unsur kehidupan,
khususnya kehidupan anak muda saat ini (today’s youth live) dalam sebuah
perspektif baru. Desain ouval terinspirasi dari dunia musik, olah raga, gaya
hidup, budaya, kebijakan politik pemerintah, kekerasan, lingkungan, kemiskinan,
serta modernisme, yang dapat dinikmati oleh para konsumen yang berada di
Bandung. Ini semua dilakukan untuk
memberikan pelayanan spesial kepada para pelanggannya
sehinnga dengan produk yang benar-benar limited ini akan membuat konsumen
merasa special.
Dengan menerapkan sistem konsinyasi (titip
jual) dan melayani penjualan secara putus, sekarang ini produk Ouval Research
telah didistribusikan ke berbagai kota di Indonesia dan menjangkau beberapa
kawasan di negara tetangga. seperti Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Semarang,
Surabaya, Bali, Padang, Banjarmasin, Balikpapan, Bogor, Singapura, Malaysia,
serta Jerman.
Dan selain memakai cara dengan limited edition
OUVAL RESEACH juga menggunakan event sponsorship yang saat ini paling cepat
perkembangan nya. Event sponsorship ini
dilakukan dengan cara pemberian sponsor pada acara-acara hiburan seperti acara
music ataupun acara reality show yang merupakan acara menarik bagi penonton.
Even sponsorship bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi perusahaan untuk
menyampaikan pesan-pesan pemasaran, memperkenalkan produk, dan mengingatkan
konsumen tentang produk kepada kelompok sasaran secara lebih luas.
Berikut ini adalah kegiatan OUVAL RESEACH dalam mensponsori acara-acara :
1. Reality show
- Reality show yang bertemakan cinta berjudul Katakan Cinta
dan Cinta Lama Bersemi Kembali yang
tayang di RCTI dan SCTV.
- Reality show yang bertemakan Indahnya dunia dengan acara
kuliner .
2. Acara musik
- Inbox di SCTV dan MTV ampuh di GLOBAL TV.
3. Film
- Bukan bintang biasa dan Sembilan naga
4. Wardrop
- Presenter Choky sitohang mengenakan baju dari Ouval
Research untuk opening program bioskop TRANS TV.
Adapun mekanisme
pelaksanaan kegiatan promosi yang dilakukan pada Ouval Research adalah :
·
Kegiatan Audit Pasar.
·
Evaluasi Kegiatan Audit Pasar.
·
Analisa Promosi Yang Harus Dihadapi.
·
Kegiatan Promosi.
·
Evaluasi Program
1.
Media-media yang digunakan
dalam kegiatan promosi Ouval Research.
a.
Media cetak
·
Promosi dengan menyebarkan dan menempelkan pamflet dan sticker
·
Memasang spanduk
·
Promosi dengan leaflet/flyer
·
Majalah
·
Koran
b.
Media elektronik dan virtual
·
Radio
·
Internet
·
Selebriti endorse
Dengan menggunakan strategi-strategi tersebut OUVAL
RESEACH dapat terus bertahan sampai saat ini hingga memasuki salah satu dari
sepuluh perusahaan terbesar dunia.
BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Usaha
distro merupakan usaha yang memerlukan kreatifitas yang tinggi untuk menarik
serela konsumen dan dari segi pemasaranya distro melakukan strategi – strategi pemasaran
yang didasarkan pada pengembangan , perencanaan ,dan implementasi dari program
marketing, proses marketing dan aktifitas marketing.
Salah satu distro yang
sudah berkembang dan memiliki breand adalah Produk Ouval research yang diminati oleh remaja dan dewasa yang
kebanyakan dari kelas menengah ke atas karena harga yang cukup tinggi. Meskipun
harga tinggi, Ouval Research memiliki kualitas yang bagus.Dan dari segi
pelayanan Ouval Research selalu menomer satukan kepuasan para konsumenya dan
itu merupakan salah satu dari strategi pemasannya.
lll.2 Saran
a.
Melakukan lebih banyak lagi variasi dalam
pelaksanaan promosi agar masyarakat selalu tertarik dengan kegiatan yang
dilakukan oleh clothing Ouval Research tersebut.
b.
Dalam pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh
bagian marketing, haruslah lebih ditingkatkan lagi kualitas pelayanannya
dalam menghadapi konsumen yang beraneka ragam..
c.
Media yang digunakan sebaiknya lebih maksimal dan
menggunakan media-media yang dapat diterima langsung oleh konsumen.
Daftar pustaka
2.
Wikipedia.com
6.
Pengunjung Ouval Research
7.
Karyawan Ouval Research
No comments:
Post a Comment